jump to navigation

Hari Anak Internasional; Anak Bukan Sekedar Simbolis Keturunan June 1, 2015

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

GenerasikuHari ini, 1 Juni, seluruh dunia memperingati “Hari Anak Internasional (International Children Day)”. Kesepakatan ini lahir karena satu tujuan demi terpenuhinya hak-hak anak.

Kalau kita mau jujur, masih banyak hak anak yang terbengkalai. Tidak hanya di negara perang dan terjajah, di negara damai dan merdeka pun hak anak masih jauh dari kata terpenuhi. Jangankan di negara-negara miskin, di negara berkembang dan maju pun hak-hak anak seringkali masih di nomor-duakan. Hal ini terjadi karena sebagian kita  masih menganggap anak hanya sebagai pelengkap kehidupan. Hanya sebagai simbolis generasi penerus.

Padahal sejatinya, anak adalah bagian diri kita di masa depan yang harus benar-benar disiapkan. Anak adalah amanah Tuhan yang harus dijaga dengan baik. Anak adalah pewaris negeri yang harus benar-benar menjadi pewaris sejati yang memiliki keunggulan dalam akhlak dan kemampuan.

Untuk menghadirkan pewaris sejati masa depan, hak-hak anak harus kita penuhi. Hak mendapatkan kasih sayang, hak mendapatkan asupan gizi yang cukup dari penghasilan orang tua yang halal dan baik, hak mendapatkan contoh dan ketauladanan dari orang tua dan guru, hak memperoleh pendidikan yang berkualitas, hak dilatih menjadi mandiri tanpa kekerasan, hak ditempa bermental baja tanpa ancaman, dan sejumlah hak lain yang akan menjadikannya generasi unggul masa depan.

Memang bukan pekerjaan yang mudah untuk memenuhi semua hak anak. Tetapi tidak ada salahnya jika kita berusaha memulainya dari hal yang sederhana, tanpa harus menunda, dan yang terpenting tanpa menunjuk kepada orang lain untuk memulainya, melainkan diawali dari diri kita sendiri, terlepas profesi apapun kita dan peran apapun kita dalam keluarga dan masyarakat.

Sekali lagi, “Selamat Hari anak Internasional, 1 Juni”!

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: