jump to navigation

Resah dan Khawatir Krisis Ekonomi? Ini dia solusinya! August 12, 2015

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
trackback

Sebagian kita mungkin merasa khawatir dengan kondisi ekonomi Indonesia saat ini (rupiah melorot, harga daging melonjak, inflasi meningkat, dll). Bahkan ada yang sudah menganggapnya sebagai sebuah masalah besar yang bakal sulit diatasi.

Lalu apa tidak ada solusi? Jawabannya ya tentu ada. Salah satunya “Ketika masalah besar datang, anggap saja kecil”. Tujuannya bukan untuk meremehkan, tetapi lebih kepada pengubahan mindset agar kita tidak ragu-ragu mencoba mengatasi masalah tersebut.

Jika di awal kita sudah menganggap masalah tersebut besar dan sulit diatasi, maka dijamin masalah tersebut akan makin bertambah besar dan sulit diatasi. Sebaliknya, jika kita menganggapnya sebagai persoalan kecil, maka pikiran dan hati kita bisa lebih jernih merumuskan solusi. Kita akan bebas dari belenggu takut dan khawatir yang berlebihan.

Lalu bagaimana cara mengecilkan masalah? Jawabannya adalah dengan meluaskan atau melapangkan dada kita. Di dalam kitab Al-Quran, Alloh SWT mengajarkan kita sebuah do’a, “Ya Rabb, lapangkan dadaku…” (QS 20:25). Ini artinya Alloh SWT langsung yang memberikan kita solusi, yaitu dengan berdoa agar dada kita diluaskan atau dilapangkan.

Lalu apa hubungannya, dada diluaskan/dilapangkan dengan masalah? Begini, anggap saja masalah = tekanan, maka kalau kita merujuk ke rumus fisika berikut:

kita akan menemukan hubungannya. Pada rumus tersebut tekanan (masalah) diberi simbol P, sementara keluasan atau kelapangan dada (luas penampang) diberi simbol A, maka antara P dan A berbanding terbalik. Jika ingin nilai P mengecil, maka nilai A Harus dibesarkan. Artinya masalah akan bertambah kecil, jika dada kita bertambah luas (lapang). Bagaimana meluaskan/melapangkan dada? solusinya dengan sering-sering berdoa kepada Alloh SWT agar dada kita dilapangkan/diluaskan.

 

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: