jump to navigation

Diamku Tak Berarti Tak Peduli January 30, 2016

Posted by snhadi in Uncategorized.
trackback

Di era smartphone dengan beragam aplikasi ngobrol atau chatting (wa, line, fb, dll), mungkin setiap kita sudah menjadi bagian dari ribuan grup yang ada. Sukarela atau karena di “paksa”, kita sudah terhubung dengan banyaknya teman di grup meskipun secara pribadi kita tidak kenal baik dengan mereka.

Menjadi bagian dari komunitas digital membuat kita dihadapkan kepada dua pilihan. Ikut berinteraksi atau hanya menyimak lalu lintas percakapan secara diam-diam.

Saya sendiri secara pribadi tidak terlalu tampil di komunitas digital. Meski cukup banyak grup yang saya ikuti. Saya lebih banyak menyimak secara diam-diam. Sangat jarang saya menanggapi dengan mengirim balasan pesan, meskipun bukan berarti saya tidak peduli kepada mereka.

Jika di grup ada orang yang meminta doa. Saya cukup mendoakannya dalam hati tanpa harus ada beban untuk mewujudkannya dalam bentuk tulisan. Jika dalam grup ada orang yang berbagi kebahagiaan, saya turut merasakan kebahagiaan tanpa harus menunjukkan dalam bentuk icon-icon tersenyum atau acungan jempol.

Memang harus diakui beragam jenis pesan dalam sebuah grup. Beberapa di antaranya berisi curhatan dan keluh kesah. Sebagian kecil lain berisi informasi mengenai prestasi atau pengalaman si pengirim. Sebagian lagi hanya sekedar say “hallo”. Meskipun cukup banyak juga kiriman berisi informasi berharga dan bernilai.

Setiap anggota grup bebas memilih, mau mengirim pesan seperti apa. Dan saya memilih untuk berhati-hati dalam mengirim sebuah pesan. Saya tidak mau men-share berita palsu (hoax) misalnya atau sekedar berbagi keluh kesah karena akan menambah beban orang lain. Saya akan berbagi ketika saya siap berbagi. Dan harapannya akan mendatangkan sebuah kebaikan.

.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

