jump to navigation

Mikroba Robot; Sebuah Imajinasi Tentang Robot Masa Depan February 14, 2016

Posted by snhadi in Uncategorized.
trackback

Kehidupan modern membuat manusia berlomba untuk terdepan dalam perkembangan ipteks. Jepang dengan robot pintarnya, mampu membuat mesin “hidup” yang dapat menirukan aktivitas manusia, meski dengan gerakan yang masih patah-patah.

Mungkin 100 tahun lalu, teknologi robot masih belum terpikirkan. Begitu pula 100 tahun yang akan datang, teknologi robotik bakal seperti apa, tidak ada yang tahu pasti.

Tetapi ijinkan saya berimajinasi tentang masa depan teknologi robot. Ketika saat ini bentuk robot cenderung besar, sangat mungkin robot-robot masa depan akan berukuran mikro atau nano.

Ketika saat ini, robot cenderung meniru manusia, pada masa depan bisa jadi robot akan meniru makhluk kasat mata, mikroba. Saya menyebutnya robot mikroba (romik).

Romik dapat lebih bermanfaat bagi manusia. Bisa menjadi teman manusia dalam aktivitas yang sulit dilakukan robot saat ini. Romik bahkan dapat diperintahkan “berperang” melawan penyakit yang disebabkan mikroba alam sehingga dapat melindungi manusia. Romik juga dapat diprogram untuk melindungi manusia dari serangan senjata biologis atau bahkan bisa digunakan untuk menyerang balik musuh.

Romik juga dapat digunakan untuk menyimpan data digital layaknya flash disk saat ini. Romik didesain dapat menyimpan informasi rahasia pada DNA nya. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai server hidup.

Satu kelemahan romik, dia bukan makhluk hidup sejati sehingga tetap bergantung pada manusia melalui program yang ditanamkan. Karenanya romik tidak mungkin berkhianat karena sejatinya dia artificial organism.

Romik memang menarik, namun tetap romik hanya sebuah imajinasi. Dan kita tak pernah tau, akan menjadi nyata atau tetap menjadi sebuah produk imajinasi.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: