jump to navigation

Researchgate, Facebooknya Para Peneliti February 25, 2016

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
Tags: ,
trackback

RGKita mengenal media sosial facebook untuk melihat, mengamati, menelusuri aktivitas teman kita di dunia maya. Bahkan facebook bisa digunakan untuk menelusuri teman lama yang sudah tidak terjangkau secara nyata.

Di ranah para peneliti, media sosial seperti facebook juga ada. Salah satunya adalah researchgate. Melalui researchgate, kita bisa terhubung dengan banyak peneliti di seluruh belahan dunia, baik sebidang ataupun tidak. Melalui media ini kita juga bisa membaca hasil penelitian terbaru. Bahkan kita juga bisa terhubung dengan peneliti lain yang pada ujungnya bisa melakukan aktivitas kerjasama (penelitian bersama atau sekedar menjadi reviewer artikel kita).

Tetapi tidak semua orang bisa menjadi anggota researchgate. Paling tidak kita harus memiliki alamat email yang menggambarkan asal institusi kita (bukan email dari yahoo atau google). Jadi kalau tertarik daftar ke researchgate, kita harus meminta admin institusi kita untuk membuatkan alamat email kita dengan akhiran nama institusi tersebut. Misalnya saya, menggunakan @unsoed.ac.id.

Sebagai salah satu anggota researchgate, meskipun bergabung sudah cukup lama, tetapi saya baru sekali men-share hasil riset saya (yang sudah diterbitkan di jurnal). Itu pun gara-garanya disyaratkan untuk kenaikan jabatan fungsional, hehehe…Sayangnya meski sudah diunggah di researchgate, artikel saya tidak secara otomatis muncul di search engine seperti google. Padahal katanya, agar bisa digunakan untuk kenaikan pangkat, artikel saya harus dapat terindeks di google atau yang lainnya. Harapan saya, mudah-mudahan google membantu saya segera…hehehe (bagi yang ingin membantu artikel saya terindeks di google, berikut linknya: https://www.researchgate.net/publication/295737871_Pengembangan_Metode_Ekstraksi_dan_Analisis_Hormon_Indole-3-butyric_acid_dari_Tanaman_Kentang_Solanum_tuberosum_L_Menggunakan_High_Performance_Liquid_Chromatography)

Akhirnya, saya sampaikan selamat berselancar di researchgate. Semoga membawa manfaat!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: