jump to navigation

Media Penyimpanan Data Digital Masa Depan: DNA March 21, 2016

Posted by snhadi in Uncategorized.
trackback

Beberapa tahun lalu, disket menjadi sangat diandalkan untuk menyimpan data digital. Ketidakpraktisan membuat media penyimpanan bergeser ke flash disk (fd). Namun saat itu kapasitas fd masih kisaran kilobyte (kb). Dengan semakin besarnya data yang perlu disimpan, fd kapaditas kb ditinggalkan dan media penyimpan didesain punya kapasitas Megabyte (Mb), Gigabyte (Gb), bahkan Terabyte (Tb).

Kalau dulu kita mengenal media penyimpan dalam bentuk disket, lalu flash disk yg relatif besar, kini kita sudah tidak asing lagi dengan hadirnya Micro SD yg ukurannya jauh lebih kecil.

Bisa dibayangkan, akan berbentuk seperti apa media penyimpanan masa depan? Dan berapa besar kapasitas yang bisa ditampungnya?

Saat ini ilmuwan sedang mengembangkan media penyimpanan yang kapasitasnya dianggap sangat luar biasa, yaitu DNA! ya DNA, molekul hayati penyimpan informasi genetik makhluk hidup. Saat ini saja, 1 gram DNA mampu menyimpan informasi lebih dari 700 Tb! Tentu informasi yang dimaksud bukan informasi genetik yang secara alami dibawa gen (DNA), melainkan informasi yang biasa kita simpan dalam fd (data digital). Lalu bagaimana caranya?

Caranya, ilmuwan merancang kode algoritma.Kode tersebut lalu disimpan dalam basa nitrogen (A, G, C, T) yang dikandung DNA. Untuk bisa membaca kembali kode tersebut, kita perlu melakukan sekuensing DNA (pembacaan urutan basa nitrogen DNA).

Keistimewaan DNA selain bisa menyimpan data dalam kapasitas besar, juga memiliki ketahanan lama dalam menyimpan informasi hingga ribuan tahun.

Lalu apa yang terjadi dengan perkembangan media penyimpanan data digital 100 tahun yang akan datang? saya membayangkan, manusia tidak perlu lagi media penyimpanan kuno (flash disk dll). Yang dibutuhkan cukup DNA yang dia miliki, bisa DNA kulit atau rambut. Dan istimewanya informasi tersebut bisa selalu dibawa kemanapun karena memang sejatinya telah menyatu dalam tubuhnya. Kalau suatu saat informasi itu dibutuhkan, tinggal digunakan pemindai otomatis maka hasil pembacaan data digital yang tersimpan bisa terlihat dalam waktu sepersekian detik. Lalu bagaimana kalau ingin menambah informasi, jangan khawatir yang kita butuhkan juga cuma pemindai otomatis yang bisa mentransfer informasi digital yang akan disimpan dalam DNA dalan waktu singkat.

Dunia menjadi semakin penuh rahasia. Data kita akan aman karena ada dalam tubuh kita dan orang lain tak akan pernah tahu dimana letaknya. Bahkan data tersebut akan bisa tersimpan rapi sampai ribuan tahun kemudian karena berada di tempat penyimpanan terhandal dan terawet di dunia: DNA!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: