jump to navigation

Tentang Saya

Dilahirkan dari gabungan darah Jawa dan Sunda, ditambah tinggal sejak kecil di wilayah Cirebon bagian jawa dan menempuh ilmu di Bogor yang mayoritas beretnis sunda, serta Yogyakarta yang sebagian besar masyarakatnya beretnis jawa tulen, menjadikan pengaruh kedua etnis ini sulit dipisahkan dari keseharian pribadi saya.

Belum lagi interaksi saya dengan etnis betawi selama berkiprah di dunia swasta di Jakarta dan etnis batak dan tionghoa (cina) saat saya banyak menghabiskan waktu bekerja dengan orang-orang dari kedua etnis ini di Batam, Kepulauan Riau, sedikit banyak ikut mewarnai kepribadian saya.

Saya bukan orang yang sempurna. Pendapat saya bisa jadi penuh dengan kesalahan. Karena itu saya ingin terus belajar. Belajar untuk terus melihat dan mendengar sekitar dalam rangka terus belajar mewarnai dunia dengan kebaikan yang terbaik yang bisa dilakukan.

Saat kini saya diberikan amanah untuk berkiprah di dunia pendidikan sebagai pengajar dan peniliti di UNSOED, saya berharap selalu ada kebaikan yang bisa dibagi bersama untuk kualitas negeri yang lebih baik.

Comments»

1. Arie Kurniawan - February 3, 2014

Salam kenal dari saya yang kesasar di blog Anda…. 🙂

2. Maskur - April 1, 2014

salam kenal

3. james - September 17, 2016

AZAS LE CHATELIER
( CH2O)n ______________ C2H5OH
______
Ciu
___________________________________________
SO2 + O2 ______ SO3
SO3 + H2O _______ H2SO4
________
_______ Air Aksi

Pergeseran kesetimbangan
1. Konsentrasi
2. Volume/ Tekanan
3. Temperatur
4. Katalisator

A. Sistem kesetimbangan diupayakan mengalami pergeseran. itu dengan cara :
1. Perubahan Konsentrasi : bila dalam sistem konsentrasi reaktan terbersar ,maka zat hasil akan bertambah
2. Memperbesar Volume : jika volume di perbesar sama dengan tekan di perkecil.maka sistem kesetimbangan akan bergeser ke arah zat yang kooefisiennya kecil
3. Perubahan Temeratur atau Suhu
2NO(g)+O2(g) _____________ 2NO2(g) ; delta H = -216 kj
Jika suhu dinaikkan,maka kesetimbangan akan bergeser ke kiri.
Jika suhu diturunkan,maka kesetimbangan akan bergeser ke kanan.
4. penggunaan Katalistator
Zat yang memperceat reaksi tetapi tidak mengikuti reaksi
7. Jadi asas catheller adalah dapat dituliskan sebagai berikut
Jika keseimbangan dilakukan aksi tertentu, maka kesetimbangan akan beraksi.dengan cara bergeser(kanan atau kekiri ) agar pengaruh aksi tersebut hilang.
8. Tetapan kesetimbangan kimia adalah suatu nilai tetapan dari reaksi kesetimbangan yang merupakan perbandingan konsentrasi produk terhadap konsentrasi preaksi,masing-masing di pangkatkan dengan konfisien reaksinya.
9. Harga tetapan kesetimbangan di peroleh dari aksi massa.sehingga di sebut hukum kesetimbangan kimia.Harga kesetimbangan tetap selama suhu reaksi tidak berubah.
10.Kesetimbangan kimia dalam sistem heterogen untuk zat padat murni atau cairan murni tidak berubah,sehingga tidak mempengaruhi nilai tetapan keseimbangan.


Leave a comment